Rabu, 21 September 2016

BAHAGIA MENJADI SEORANG GURU
 
          Pendidikan merupakan salah satu pendorong bangsa ini untuk berkembang. Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang bermutu tidak hanya mengandalkan peran pemerintah untuk memberikan fasilitas yang memadai namun yang paling penting adalah peran guru yang professional dan memiliki jiwa mendidik. 
           Guru adalah salah satu elemen terpenting dalam dunia pendidikan. Guru adalah seseorang yang digugu dan ditiru maka segala hal yang dilakukan oleh guru tidak menutup kemungkinan akan ditiru oleh siswa, hal ini mengantarkan bahwa kepribadian seorang guru akan mempengaruhi perkembangan kepribadian siswanya. 
             Menjadi seorang guru yang baik tidak hanya membutuhkan kepintaran dan pengetahuan yang luas, meskipun hal itu penting namun terdapat satu hal yang sangat penting yaitu seorang guru harus memiliki jiwa yang mendidik, jiwa yang ingin mencerdaskan anak bangsa dengan sabar dan penuh rasa ikhlas. Rasanya akan menyenangkan jika kita melihat mereka mulai memikirkan apa yang kita ucapkan, tertawa mendengar lelucon-lelucon aneh kita, mulai mencoba dan menerapkan segala pengetahuan yang telah kita sampaikan, sudah menganggap kita sebagai sahabat, mulai berkembang dan memiliki tujuan hidup, itulah yang kuinginkan, membuat mereka bahagia. 
            Bagiku menjadi seorang guru bukanlah suatu pekerjaan utama, tapi menjadi seorang guru adalah suatu pengabdian, tugas guru tidak hanya memberikan materi pelajaran namun seorang guru yang hebat adalah guru yang dapat memotivasi, menginspirasi siswanya. Seorang guru akan merasa bahagia ketika berhasil membangkitkan semangat siswanya yang nyaris terpuruk. Guru bahagia karena mencintai muridnya apapun keadaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar