ZUMBADTEMATIK
Alat permainan yang dibuat oleh kelompok media pembelajaran matematika yang terdiri dari (Devi Purnama Sari, Ade Nurlaila, Annisa Laras) bernama ZUMBADTEMATIK (Zuma, Ular Tangga, Monopoli Barisan dan Deret Aritmatika). Alat permainan yang dibuat berhubungan dengan materi mengenai Barisan dan Deret Aritmatika. Berdasarkan namanya permainan ini gabungan dari ulartangga, zuma dan monopoli maka zumbadtematik cara mainnya tidak memakai dadu tapi memakai kartu yang berisikan soal-soal, ada soal awal ada soal jalan seperti halnya monopoli, dan alurnya seperti alur zuma. dalam permainan ini terdapat beberapa soal mengenai materi barisan dan deret aritmatika. berikut gambar untuk ZUMBADTEMATIK
Alat permainan yang dibuat oleh kelompok media pembelajaran matematika yang terdiri dari (Devi Purnama Sari, Ade Nurlaila, Annisa Laras) bernama ZUMBADTEMATIK (Zuma, Ular Tangga, Monopoli Barisan dan Deret Aritmatika). Alat permainan yang dibuat berhubungan dengan materi mengenai Barisan dan Deret Aritmatika. Berdasarkan namanya permainan ini gabungan dari ulartangga, zuma dan monopoli maka zumbadtematik cara mainnya tidak memakai dadu tapi memakai kartu yang berisikan soal-soal, ada soal awal ada soal jalan seperti halnya monopoli, dan alurnya seperti alur zuma. dalam permainan ini terdapat beberapa soal mengenai materi barisan dan deret aritmatika. berikut gambar untuk ZUMBADTEMATIK
Cara Penggunaan
1.
Permainan dimainkan
maksimal oleh 5 orang:
·
4 orang sebagai pemain
·
1 orang sebagai wasit
2.
Setiap pemain
mendapatkan 1 buah pion.
3.
Di awal permainan
setiap pemain mengambil kartu soal (awal).
4.
Pemain yang menjawab
soal dengan benar berhak masuk ke kotak start,
dengan aturan pemain yang paling cepat berhak maju paling awal dan di ikuti
oleh tercepat selanjutnya.
5.
Untuk melanjutkan
permainan, pemain harus mengambil kartu soal (jalan) dan menjawab soal
tersebut. Apabila jawaban benar, maka pemain berhak melangkah maju ke kotak
selanjutnya. Apabila jawaban salah, maka pemain harus melangkah mundur ke kotak
sebelumnya. Banyaknya langkah sesuai dengan bilangan yang tertera pada jawaban
benar. Atau sesuai dengan NOTE yang ada pada soal. Untuk pemain yang masih
berada di kotak start, jika jawaban
salah maka keluar dari arena permainan.
6.
Tidak ada urutan
bermain yang tetap dalam permainan ini. Urutan bermain ditentukan oleh
kecepatan pemain dalam menjawab soal.
7.
Apabila jawaban tidak
berupa bilangan dan pemain menjawab dengan benar, maka pemain pindah ke kotak
yang bertuliskan seperti pada jawaban. Tetapi apabila pemain menjawab dengan
salah maka pemain tetap diam di kotaknya.
8.
Pemain yang berada di
kotak pangkal tangga berhak naik menuju kotak ujung tangga.
9.
Pemain yang berada di
kota ekor ular harus turun ke kotak kepala ular.
10. Pemain
yang pertama mencapai kotak finish
dinyatakan sebagai pemenang.
11. Apabila
kartu soal telah habis sebelum ada pemain yang mencapai kotak finish
maka pemenang adalah pemain yang melangkah paling jauh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar