Media Pembelajaran Matematika




ZUMBADTEMATIK     
Alat permainan yang dibuat oleh kelompok media pembelajaran matematika yang terdiri dari (Devi Purnama Sari, Ade Nurlaila, Annisa Laras) bernama ZUMBADTEMATIK (Zuma, Ular Tangga, Monopoli Barisan dan Deret Aritmatika). Alat permainan yang dibuat berhubungan dengan materi mengenai Barisan dan Deret Aritmatika. Berdasarkan namanya permainan ini gabungan dari ulartangga, zuma dan monopoli maka zumbadtematik cara mainnya tidak memakai dadu tapi memakai kartu yang berisikan soal-soal, ada soal awal ada soal jalan seperti halnya monopoli, dan alurnya seperti alur zuma. dalam permainan ini terdapat beberapa soal mengenai materi barisan dan deret aritmatika. berikut gambar untuk ZUMBADTEMATIK



 Cara Penggunaan
1.         Permainan dimainkan maksimal oleh 5 orang:
·      4 orang sebagai pemain
·      1 orang sebagai wasit
2.         Setiap pemain mendapatkan 1 buah pion.
3.         Di awal permainan setiap pemain mengambil kartu soal (awal).
4.         Pemain yang menjawab soal dengan benar berhak masuk ke kotak start, dengan aturan pemain yang paling cepat berhak maju paling awal dan di ikuti oleh tercepat selanjutnya.
5.         Untuk melanjutkan permainan, pemain harus mengambil kartu soal (jalan) dan menjawab soal tersebut. Apabila jawaban benar, maka pemain berhak melangkah maju ke kotak selanjutnya. Apabila jawaban salah, maka pemain harus melangkah mundur ke kotak sebelumnya. Banyaknya langkah sesuai dengan bilangan yang tertera pada jawaban benar. Atau sesuai dengan NOTE yang ada pada soal. Untuk pemain yang masih berada di kotak start, jika jawaban salah maka keluar dari arena permainan.
6.         Tidak ada urutan bermain yang tetap dalam permainan ini. Urutan bermain ditentukan oleh kecepatan pemain dalam menjawab soal.
7.         Apabila jawaban tidak berupa bilangan dan pemain menjawab dengan benar, maka pemain pindah ke kotak yang bertuliskan seperti pada jawaban. Tetapi apabila pemain menjawab dengan salah maka pemain tetap diam di kotaknya.
8.         Pemain yang berada di kotak pangkal tangga berhak naik menuju kotak ujung tangga.
9.         Pemain yang berada di kota ekor ular harus turun ke kotak kepala ular.
10.     Pemain yang pertama mencapai kotak finish dinyatakan sebagai pemenang.
11.     Apabila kartu soal telah habis sebelum ada pemain yang mencapai  kotak finish maka pemenang adalah pemain yang melangkah paling jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar